You are here
Home > Artikel Tentang Merpati > Mencegah kutu dan bau pada pakan merpati dengan daun pandan

Mencegah kutu dan bau pada pakan merpati dengan daun pandan

Daun ini lebih lebih dikenal sebagai bumbu masakan karena rasa khas yang ditimbulkannya. Bila dicampu dengan beras saat menanak, nasinyna bau harum dan rasanya gurih. Daun ini dicampurkan dalam keadaan utuh, kering atau pun segar, dan turut dimasak hingga makanan tersebut matang. Rempah ini memberikan aroma herba yang khas namun tidak keras.
Disamping sebagai bumbu masakan daun ini memiliki khasiat herbal untuk pengobatan alami Menurunkan kolesterol dan diabetes, Membantu menurunkan berat tubuh, Mengobati kencing manis, Menurunkan tekanan darah, Mengobati maag akut, Mengatasi mabuk alkohol, Meringankan sakit asam urat, Mengobati diare secara alami.

Mungkin ada pertanyaan Apa hubungan daun salam ini dengan merpati? Secara tidak langsung memang tidak ada hubungannya. Akan tetapi daun ini memiliki manfaat yang banyak dengan pakan merpati. Biasanya menjadi keluhan pemilik merpati apabila membeli pakan kadang bau apek dan banyak kutu, bilapun memperoleh pakan yang baru bila disimpan lama akan timbul bau apek, munculkah kutu bahkan jamur. Daun salam ini akan menjadi sebuah solusi hal tersebut. Dengan menaruh beberapa lembar daun salam pada wadah pakan, kerusakan pakan akibat kutu menjadi minimal bahkan tidak ada kerusakan akibat kutu. Bau pakan yang tadinya apek berubah harum. Hal yang itu disebabkan oleh kandungan daun salam yang sangat bermanfaat antara lain tanin, flavonoid, saponin, triterpen, polifenol, alkaloid dan minyak atsiri . Kandungan ini secara alami berfungsi anti jamur, anti bakteri, pestisida.

Immawan NS

Please follow and like us:
Ahmad Rivai
Breeder Platinum Pigeon Farm, Praktisi permainan merpati kolongan di Jakarta, Aktif bermain dibeberapa kolongan seputaran jakarta dan bekasi. Selain aktif dilapangan juga aktif menulis artikel tentang Permainan merpati. CP: 081290596498
http://www.rivai.net

Tinggalkan Balasan

Top