Press "Enter" to skip to content

Manfaat L-Carnitine untuk merpati

Ini sharing aja ya, sekedar buat menambah wawasan. Mana tau bisa dipakai buat acuan dalam memilih suplemen.

Ini juga bukan iklan, saya ga tampilkan produk saya. Foto ilustrasi adalah bentuk L-Carnitine HCL.

Udah tau kan ya kalo ada keterangan HCL nya berarti dalam bentuk garam-garaman yg akan larut sempurna di air. Gampangannya gitu lah…

Kalo kita bahas asupan gizi, berarti akan ketemu 2 kelompok besar yaitu makro nutrisi dan mikro nutrisi.

Makro nutrisi itu biasanya membahas karbo, protein, lemak dan serat. Ini biasanya jadi materi bahasan dalam feeding.

APA ITU MIKRO NUTRISI

Kalo mikro nutrisi itu bahasanya meliputi, vitamin, mineral dan trace elements. Ini biasanya jadi materi bahasan suplemen. Dapet kerangka kasarnya ya ? Yg kita bahas posisinya ada di sebelah mana tau lah ya…


Ok, L-Carnitine itu dahulu kala biasa disebut sebagai Vitamin B11 atau Vitamin Bt.
Sekarang dia tidak lagi digolongkan ke dalam kelompok vitamin, tapi masuk ke dalam asam amino.

Walau modelnya tidak blok-blokan seperti amino pada umumnya. Ini barang emang agak rancu sih… Kegunaanya cukup banyak dan cukup vital juga bagi tubuh merpati.

Misalnya, merubah asam lemak menjadi sumber tenaga, melindungi dari kemungkinan serangan jantung yg disebabkan oleh asam lemak, memperlancar sirkulasi darah dan membantu membakar kelebihan lemak.


Tubuh merpati bisa memproduksi L-Carnitine sendiri dg bahan baku lysine dan methionine yg didapat dari biji-bijian yg dimakannya.

PRODUKSI L-CARNITINE

Pada merpati L-Carnitine ini diproduksi di hati dan ginjal. Pada indukan yg tidak bergerak dan dikurung di kandang, atau terbang sekali-sekali saja mungkin produksi dari tubuhnya cukup.

Tapi utk burung yg dilatih atau sering bergerak rasanya kebutuhannya jadi meningkat. Menurut drh. Peter Boskamp, merpati hanya mampu memenuhi 10% dari kebutuhannya (Page 198, Apendix V).

Menurutnya lagi, saat merpati kekurangan L-Carnitine maka dia akan kesulitan dalam membakar lemak.

Proses perubahan lemak menjadi energi menjadi tidak optimal lagi. Dan bagian ini berperan penting utk burung yg terbang jarak jauh.

Please follow and like us:
error