Press "Enter" to skip to content

Manfaat gula merah untuk burung merpati

Gula merah, baik terbuat dari kelapa maupun aren, ternyata sangat bagus untuk mencegah burung dari kemungkinan terserang penyakit. Anda bisa memberikannya kepada burung sebanyak dua kali dalam seminggu, dengan cara melarutkannya dalam air hangat.

Gula merah sebenarnya merupakan pakan olahan yang memiliki kandungan gizi cukup lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Konsumsi gula merah bisa memperkuat faktor antipatogenik (FAP) atau faktor pertahanan tubuh.

FAP merupakan lawan dari faktor patogenik (FP), atau faktor-faktor yang dapat menyebabkan burung sakit atau terjangkit penyakit. Jika FAP kalah atau tidak mampu menghadapi FP, maka burung dikatakan sakit atau mengalami penyakit. Sebaliknya, jika FAP bisa mengalahkan FP, maka burung dalam keadaan sehat.

Untuk mencegah burung agar tidak sakit atau terserang penyakit, pemelihara atau penangkar harus memperkuat FAP. Salah satunya melalui pemberian larutan gula merah. Jadi gula merah itu bukan obat untuk menyembuhkan penyakit, melainkan upaya mencegah penyakit.

Sumber: Artikel diambil dari diskusi di group merpati.org

Please follow and like us:
error

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh bantuan?
Assalamualaikum Sobat Merpati.org
Join group facebook komunitas merpati.org untuk mengajukan pertanyaan.
https://web.facebook.com/groups/merpati.org/
dan dapatkan berbagai informasi terbaru dunia merpati.
Powered by