Tuesday 23rd October 2018,
Merpati.org

Manfaat Grit/Asinan untuk merpati

Manfaat Grit/Asinan untuk merpati

Merpati adalah salah satu unggas yang pakan utamanya merupakan bijian utuh yang umumnya memiliki lapisan pelindung (cangkang yang keras).

Dan untuk memproses makanan ini, grit mutlak diperlukan karena merpati memiliki kemampuan untuk memproses nutrisi yg terkandung di dalam inti bijian (beberapa enzim pencernaan bekerja optimal untuk memproses inti bijian) namun enzim2 pencernaan tersebut cukup kesulitan untuk “mengelupas” bagian terluar dari bijian yang umumnya keras.

Selain itu, merpati juga membutuhkan asupan nutrisi yang dalam hal ini mineral-mineral esensial. Beberapa mineral tersebut sangat diperlukan untuk pembentukan cangkang telur, pertumbuhan tulang, bulu, dsb.

Singkatnya, grit memiliki dua fungsi utama yaitu:



  1. Membantu mengelupas cangkang bijian yang keras.
  2. Memberikan nutrisi khususnya mineral2 esensial.

Pada umumnya, merpati pemakan biji-bijian sangat membutuhkan grit, Grit adalah zat butiran mineral yang terbuat dari granit yang sifatnya tidak mudah larut, jadi ketikan dimakan oleh merpati, maka akan tersimpan dalam saluran pencernaan hingga ikut keluar bersama kotoran.

Grit mengandung zat yang bermanfaat untuk merpati, diantaranya adalah zat kalsium karbonat, kalsium fosfat, garam magnesium, dan sodium florida yang berfungsi membantu dalam proses pencernaan burung menjadi lebih baik. Misalnya burung merpati memakan biji-bijian secara utuh tanpa mengelupas kulit seratnya, padahal terkadang enzim dalam lambung tidak mampu mencerna kulit serat yang kesar itu, sehingga inilah tugas grit untuk membantu melunakkan serat-serat tersebut.

Dalam grit terdapat beberapa mineral penting salah satunya kalsium. Asupan kalsium adalah mutlak diperlukan terutama untuk indukan pada saat breeding, ingat bahwa kalsium karbonat adalah bahan utama untuk terbentuknya cangkang telur. Dengan asupan kalsium yang cukup dapat membantu terbentuknya cangkang telur yang kuat (tidak rapuh, lembek atau tipis). Demikian halnya asupan kalsium juga diperlukan untuk proses pembentukan tulang merpati pada masa pertumbuhan anakan dan remaja, guna terciptanya tulangan yg kokoh dan kuat.



Istilah grit mengacu pada 2 tipe yaitu:

  • Grit yang larut dalam air (soluble grit) Grit yang tidak larut dalam air misalnya pasir dan batuan kecil.
  • Grit yang tidak larut dalam air (insoluble grit). Grit yang larut dalam air misalnya pecahan batu bata, cangkang telur, pecahan kerang laut yang dihaluskan, dsb.

Tulang Sotong dan Kalsium

Berbeda dengan Grit diatas, tulang sotong mengandung kalsium karbonat, sodium klorida, kalsium fosfat dan garam magnesium. Banyak negara negara di Eropa yang memberikan tulang sotong ini tidak dalam bentuk utuhnya seprti yang kita sering lihat di sini, tetapi mereka terlebih dahulu mengikisnya dengan sendok lalu dimasukan dalam wadah terpisah atau ditebarkan di lantai kandangnya.

Tulang sotong yang dikonsumsi burung akan dilarutkan oleh asam lambung dan kemudian dalam sistem pencernaan dimana kalsium dan garam magnesium ini diserap aliran darah. pada saat burung betina akan bertelur, kalsium dikeluarkan dari aliran darah ke saluran telur sebagai pelindung telur yang masih lunak. oleh karena itulan pemberian tulang sotong ini sangat dianjurkan pada burung merpati  diwaktu mereka akan dikembang biakan.

Tersedia Grit Merpati:

Jual Grit Merpati Asinan Merpati Premium

Please follow and like us:

About The Author

Breeder Platinum Pigeon Farm, Praktisi permainan merpati kolongan di Jakarta, Aktif bermain dibeberapa kolongan seputaran jakarta dan bekasi. Selain aktif dilapangan juga aktif menulis artikel tentang Permainan merpati. CP: 081290596498

1 Comment

Leave A Response