Press "Enter" to skip to content

Makanan terbaik untuk burung merpati

Sejak terjun pertama kali dalam hobi merpati pos sampai sekarang saya masih konsisten menekuni materi Makanan terbaik untuk burung merpati. Rasanya ga banyak pemain yg terobsesi soal feeding seperti saya. Feeding buat saya materi yg mengagumkan, begitu luas dan kompleks. Bayangan saya feeding nantinya akan jadi kunci yg cukup vital. Semua akan bermuara ke arah feeding.

Bayangkan kalo kualitas burung antar kandang sudah setara, kesehatannya sudah setara, perawatannya sudah setara, latihannya sudah setara, maka apa yg masuk ke dalam tubuh burung akan menjadi kunci yg menentukan. Balik lagi, berujung pada Makanan terbaik untuk burung merpati.

Saat belajar ttg lomba, salah satu syarat utk unggul adalah burung harus sehat. Untuk sehat mau tidak mau belajar ttg kesehatan burung, di dalamnya termasuk belajar ttg penyakitnya, terrmasuk ttg kebutuhan dan sistim kerja tubuh burung.

Lebih spesifik kebutuhan intake (asupan gizi) termasuk juga di dalamnya. Akhirnya berujung pada feeding juga.

BIJI BUNGA MATAHARI

Sekitar setahun yg lalu salah satu diaglog obrolan saya dg pak Indro. Dia bilang,”Mas, coba deh merpati pos di kasih pakan kuaci biji bunga matahari (sunflower seed).

Pada ayam hasilnya bagus. Itu kandungannya bagus utk….. “ Saya sambil nyengir cuma jawab,”Sudah saya lakukan bertahun-tahun pak…” Biji bunga matahari memang ada dalam ransum pakan utk merpati pos saya, walau dalam komposisi basic pun mereka ada.

Ga banyak, paling 2,5-5% di dalam total komposisi. Nanti silahkan dicek dg google apa saja kandungan di dalamnya.

Kandungan nutrisinya itu bisa membangun kekebalan alamiah pada tubuh merpati. Dan ini tidak ada kaitannya dg lomba. Lomba atau tidak, saya mau burung saya tetap sehat. Ini juga bukan soal mewah atau tidak, cuma 2,5-5% dari total komposisi bijian. Itu nilai nominalnya tidak seberapa.

HEMPSEED

Satu contoh lagi, semalam saat ngobrol di LLB ada temen yg ngeluh cari hemp seed sekarang susah. Rupanya dia sudah terbiasa pakai hemseed dalam komposisi pakannya. Saya cuma bilang,”Saya ga tau komposisi hempseed yg dipakai itu berapa persen.

Itu bisa digantikan dg chiaseed dikombo dg flaxseed. Jadi kalo mau setara dg 10% hempseed, campur aja 5% chia seed dan 5% flexseed. Kedua kombinasi tadi coba dicockin deh, harusnya hasilnya mendekati atau sama.

Satu contoh lagi ya ? Semalam juga ada yg tanya soal pemakaian minyak ikan. Katanya dia biasa kasih 10 butir softgel ke merpati pos. Karena menurutnya murai aja 3 bitir, merpati pos harusnya 10 butir.

Saya cuma jawab,”Kalo saya sebagai penjual minyak ikan akan saya jawab, bagus pak. Lebih banyak akan lebih bagus, karena jadi cepet abis dan beli lagi ke saya.

Tapi aslinya tubuh merpati itu cuma bisa memproses 1 butir. Memamg kemampuannya menyerap cuma segitu. Dikasih 10 butir memang tidak akan meracuni, tapi yg 9 butir pasti terbuang. Ini mubazir aja…”

Banyak sebenernya contoh-contoh praktis dari penerapan pengetahuan tentang Makanan terbaik untuk burung merpati. Akan panjang banget kalo dijadikan tulisan. Beberapa minggu ini saya lagi nekuni materi ttg bulu. Lihat buku, lihat google, lihat catatan, masih tanya dg beberapa nara sumber.

Salah satu nara sumber saya bilang dg kalimat kurang lebih seperti ini,”Mas liat deh, burung yg dikasih makan dg extra fooding akan lebih cepat mabung apalagi kalo dia jarang terbang…” Di kepala saya langsung muncul : intake –> energi –> utk tumbuh, utk recovery, utk gerak. Wow, belajar ttg bulu pun feeding tetep kebawa…

Please follow and like us:
error