Press "Enter" to skip to content

Kebutuhan nutrisi pada merpati

Tentu kita tahu, makanan para atlit dalam pelatnas tentu berbeda dengan kita orang kebanyakan. Para atlit makan yang bergizi tinggi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran sekaligus mendukung latihan mereka.

Merpati kita juga atlit, bukan merpati liar yang makan apa saja kapan saja. Merpati kita menjalani latihan berat pada minggu giring, seperti para atlit di pelatnas. Otomatis kebutuhan nutrisinya perlu dikelola secara khusus.

Untuk itu, amat penting bagi kita mengetahui kebutuhan nutrisi merpati sekaligus memahami zat-zat yang ada dalam makanan merpati secara baik.

Secara umum merpati butuh 𝗠𝗮𝗸𝗿𝗼𝗻𝘂𝘁𝗿𝗶𝗲𝗻 seperti karbohidrat, protein dan lemak. Karbohidrat fokus pada energi; Protein untuk energi dan metabolisme tubuh termasuk pertumbuhan, dan membentuk kekebalan tubuh; Lemak untuk menyediakan energi jangka panjang, membantu pembuatan hormon, membentuk bagian otak dan sistem saraf, membentuk membran sel untuk setiap sel di dalam tubuh, mengangkut vitamin A, D, E, dan K ke seluruh tubuh.

Perlu diingat, tubuh merpati juga sangat butuh 𝗠𝗶𝗸𝗿𝗼𝗻𝘂𝘁𝗿𝗶𝗲𝗻. Mikronutrien adalah zat gizi (nutrien) yang diperlukan untuk melaksanakan fungsi-fungsi fisiologis, seperti vitamin, mineral, asam organik. Ini tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh, jadi didapat dari pakan atau suplemen.

Vitamin

Vitamin misalnya Vitamin A (retinol), vitamin B kompleks: vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (asam pantotenat), Kelompok Vitamin B6: piridoksin, piridoksal, dan piridoksamin, vitamin B7 (biotin), vitamin B8 (asam adenilat), vitamin B9 (asam folat), vitamin B12 (kobalamin), Kolin, Inositol, Vitamin C (asam askorbat), Vitamin D, Vitamin E (tokoferol), Vitamin K, Karotenoid: alfa karoten, beta karoten, kriptosantin, lutein, likopen, zeaksantin, dengan fungsi masing-masing yang berbeda.

Makromineral

Mikronutrien berupa makromineral yaitu:
kalsium, klor, magnesium, fosfat, kalium, natrium, besi.

Trace Mineral

Mikronutrien berupa mineral kelumit yaitu:
boron, kobal, klor, krom, tembaga, fluor, yodium, besi, mangan, molibden, selenium, seng.

Asam Organik

Mikronutrien berupa asam organik yaitu:
asam asetat, asam sitrat, asam laktat, asam malat, kolin, taurin.

Melihat beragamnya kebutuhan nutrisi merpati, maka akan baik kalau kita tidak hanya memberikan jagung saja untuk merpati. Menururt Elliot Lang, penulis buku Pigeon Racing: The Complete Pigeion Racing Guide, pada dasarnya merpati adalah pemakan berbagai macam biji. Juga bagus memberi suplemen agar varian nutrisi terpenuhi.

PENGATURAN DAN KOMPOSISI PAKAN

Tentu kebutuhan pakan saat aktif terbang berbeda dengan saat angrem dan loloh. Misalnya, saat loloh tentu kebutuhannya berlipat ganda karena untuk memenuhi kebutuhan anaknya. Demikian pula, masa pertumbuhan saat piyik juga berbeda dibanding dewasa.

Khusus player, saat terbang short distance tentu membutuhkan karbohidrat dengan porsi lebih dibandingkan dengan terbang long distance. Para pemain pos sangat memahami ini. Untuk detilnya, bisa dibaca di banyak referensi di internet .

Jadi, sudah yakin nutrisi merpati Anda terpenuhi?

Semoga bermanfaat

Please follow and like us:
error