Thursday 16th August 2018,
Merpati.org

Genetika Mata Merpati

Menurut Charles Darwin Mata adalah organ yg memiliki kesempurnaan dahsyat.
Hollander: secara umum mata merpati memiliki 2 pigmen warna, yaitu orange dan putih. pigmen pembentuk orange,berubah menjadi kuning,kecoklatan,atau merah,tergantung pembuluh darah pd selaput pelangi/iris. Pigmen orange, disebut pteridin dan putih disebut guanidin.orange lebih dominan daripada putih.
Perkawinan merpati bermata homozygot orange dan homozigot putih akan menghasilkan 100 persen anak bermata orange.




Bagaimana dengan mata hitam,atau mata jawa? mata hitam,disebabkan ketidak hadiran pteridine maupun guanidin,alias tertutupi,tetapi gen warnanya ada sebetulnya,kita bisa lebih mengamatinya dari keberadaan pupil(hitam2 mata) kalo kita lihat pada burung mata jawa,masih terlihat hitamnya,hal ini beda dengan albino mata merah,yang pupil hitamnya sudah tidak tampak hitam,tapi kemerahan,pink.
Lebih jelas lihat pada albino love bird yg banyak di pasaran.

Mata albino,terlihat pinky/merah combong/tembus kalau terkena paparan sinar,karena memang tidak punya pigmen warna sama sekali, hal ini karena ketidak hadiran melanin,juga menyerang mata,atau semua tubuh. Ketidak hadiran melanin,baik full maupun parsial, bisa dilihat pada merpati putih polos, bermata albino/bermata merah (mata albino sekilas terlihat seperti mata jawa), pada albino,ketidak adaan pigmen warna menjadikan,paruh dan kuku pun ikut memutih atau lebih tepatnya tanpa warna. Albino ada yg full ke semua tubuh,ada juga yg menyerang sebagian tubuh, merpati plontang biasanya bermata jawa/semi karena guanidin dan pteridin terpengaruh pemutihan gen dan mempengaruhi bulu merpati dan mata.
[AdSense-b]
Bagaimana dengan mata split/liplap? itu kombinasi, putih hitam/kuning hitam atau liplap atau satu mata dua warna(sigar jambe). Apakah warna mata mempengaruhi pandangan merpati? wallahu a’lam..

GEN PIGMEN MATA

Gen untuk pigmen warna mata,tidak terdapat pada sex chromosom,tapi berada pada autosom, oleh karna itu,kita tidak bisa lihat jenis kelaminnya dari mata saja,hal ini berbeda dengan lalat drosophila,yang jenis kelaminnya bisa ditentukan dari warna matanya.

Apakah warna mata menunjukan kualitas karakter? secara umum tidak,hanya bila kita ingin mendapatkan anakan berkualitas dari trah tertentu,kita juga harus lihat matanya/eye sign dari peternak tersebut,sehingga anakan yg kita ambil diharapkan identik dengan tetuanya.

DOMINAN X RESESIF

Banyak orang yg belum paham tentang prinsip ini,mereka berpikir,bila sebuah gen dominan,akan selalu menang bila di temukan dengan yg resesif,dan muncul dalam bentuk fenotipnya.padahal ada fenotip dominan,tapi bawa gen resesif.

PERTARUNGAN GEN DOMINAN DAN RESESIF

Pada warna mata merpati kuning dan putih, mata kuning adalah dominan,sedangkan mata putih adalah resesif.Namun tidak bisa begitu saja ketika mata kuning x mata putih = mata kuning semua,atau mata kuning x mata kuning kok bisa keluar mata putih.
Mohon diingat,gen warna mata pada merpati itu ada dua,ZZ dan ZW,dengan demikian bisa saja seekor merpati bermata kuning Z1nya(k),tp Z2(p) nya adalah mata putih.
Merpati ini (simata kuning tapi punya gen putih pada z2 nya)ketika dikawinkan dengan mata putih homozigot(ZW adalah pp)maka jika dari si jantan yang turun adalah Z1,maka si anak bermata kuning,dengan genotif hetero alias ZZ (KP)(piyik bermatakuning tetapi membawa gen putih), namun ketika gen yang turun dari si jantan adalah Z2 yang putih,maka tentu anaknya akan bermata putih,atau Z2 (p) bertemu dengan si betina yg memang pp,maka anknya adalah P.karena putih adalah putih,dia tidak bisa hetero zigot atau putih tetapi mengandung kuning.Mata kuning ada yang bergen KK(homozigot) atau bergen Kp (hetero zigot),sedangkan mata putih hanya ber gen PP (homozigot)dan tidak ada yg heterozigot.

4 MACAM PERKAWINAN

K (kk)x K(kk)= K # K(kk)x K(kp)= 75%K,25%K mengandung p. # K(kp)xP(pp)=75%K ( ber gen kp),25 %P(pp) # # P x P= P. bila hasilnya ada yang kuning,boleh jadi dia adalah P palsu alias False pearl,yang aslinya adalah kuning,tapi kena pemidan warna brown,sehingga terlihat seperti putih.

PRINSIP DOMINAN DAN RESESIF

Teori warna mata, pendekatannya tidak lepas dari teori dominan dan resesif milik Mendel.warna mata lain mungkin di bahas dilain kesempatan.semoga bermanfaat,suwun.hasil test dilapangan dibutuhkan untuk mencocokan teori,atau mungkin layak diaebut pendekatan teori.selamat bekerja,semoga sukses selalu.

Like this Article? Share it!

About The Author

Michael Gun roses

Pemula,penyuka genetika merpati,Praktisi permainan merpati kolong di Brebes.