Saturday 17th November 2018,
Merpati.org

Cara mengobati patekan,kutil,cacar pada merpati

Cara mengobati patekan,kutil,cacar pada merpati

Patek atau Pigeon pox adalah salah satu penyakit yang juga sering menyerang pada burung merpati dan terkadang juga disebut dengan kutil merpati.

Jenis penyakit ini merupakan salah satu penyakit pada burung merpati peliharaan yang disebabkan oleh virus. Virus tersebut dapat disebabkan oleh faktor lingkungan yang kurang bersih, oleh nyamuk dan kebiasaan dari burung merpati peliharaan itu sendiri.

Sebelum mengetahui bagaimana pengobatannya, tentu wajib memahami terlebih dahulu Kulit melepuh seperti terbakar, muncul bintik bintik atau benjolan di kulit, dan terjadi di berbagai bagian tubuh seperti kaki, kelopak mata, dan area lain. burung dara akan sering menggosokkan tubuhnya dan menjadi lemah serta berkurang drastis nafsu makannya.

Ciri-ciri patekan merpati

  1. Kulit merpati mengeluarkan benjolan seperti cacar pada manusia, terutama dibagian yang tidak ditumbuhi bulu
  2. Merpati menjadi lemas
  3. Nafsu makan merpati berkurang

Cara mengobati patekan merpati

1. Bersihkan patek/kutil merpati




Bersihkan bagian merpati yang terkena patekan dengan air hangat sebelum lanjut ke tahap pengobatan, cara ini dilakukan agar luka patekan benar-benar bersih dari kotoran sebelum diobati, penggunaan air hangat untuk membukan pori-pori pada kulit yang terkena patekan, agar obat bisa terserap pada bagian luka

Cara mengobati patekan,kutil,cacar pada merpati

Cara mengobati patekan,kutil,cacar pada merpati

2. Oleskan salep antiseptik



Setelah luka dibersihkan, proses selanjutnya adalah mengobati patekan dengan salep antiseptik, kami menyarankan menggunakan salep antiseptik kalmicetine untuk mengobati patekan merpati.
Untuk luka yang telah kering kamu bisa mencabut bagian luka yang telah kering sebelum.

Pencegahan patekan merpati

  1. Gunakan kandang dengan ventilasi rapat, agar nyamuk tidak bisa masuk, dan selalu bersihkan kandang agar terhindar dari penyakit.
  2. Keringkan kandang dengan bantuan cahaya matahari, karena sinar matahari juga mengandung vitamin D sekaligus membunuh penyakit pada kandang.
  3. Semprot kandang dengan pembasmi nyamuk
  4. Hindari dari daerah lembab,  dan basah.
  5. Berikan multivitamin lengkap, karena merpati yang sehat dan fit tidak mudah terkena virus.
Please follow and like us:

About The Author

Breeder Platinum Pigeon Farm, Praktisi permainan merpati kolongan di Jakarta, Aktif bermain dibeberapa kolongan seputaran jakarta dan bekasi. Selain aktif dilapangan juga aktif menulis artikel tentang Permainan merpati. CP: 081290596498

Leave A Response