You are here
Home > Artikel Tentang Merpati > Cara mengobati flu/pilek merpati

Cara mengobati flu/pilek merpati

Kenapa Burung merpati Sakit?

Penyakit flu atau pilek adalah penyakit yang paling sering dijumpai pada saat musim hujan, flu pada merpati sebenarnya penyakit yang mudah untuk diatasi dan tidak terlalu mematikan.

Penyakit ini bisa menyerang burung dara jantan maupun betina yang disebabkan karena virus, dan tingkat penyebarannya juga sangat cepat.

Penularan penyakit ini bisa terjadi dengan kontak langsung antara burung yang terinfeksi dengan burung yang sehat seperti anak burung dara yang tertular dari induknya pada saat meloloh.

Selain itu, penularan flu juga bisa terjadi lewat pakan dan minuman yang sudah tercemar dan juga lingkungan kandang yang tidak terjaga kebersihannya.

penyakit ini sendiri secara definisi merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernafasan.

Akibatnya, ketika manusia atau hewan yang mengalami flu, akan cenderung sering bersin-bersin hingga terjadi pilek.

Gejalanya cukup mudah di kenali, diantaranya yaitu seperti demam, sakit kepala, batuk, nafsu makan menurun, tenggorokan terasa sakit.

PENCEGAHAN PENYAKIT FLU

Untuk mencegah penyebaran flu atau pilek pada merpati anda bisa mencegahnya dengan mencampurkan probiotik herbal ke dalam minuman merpati.

Selain mencegah penularan virus pada merpati, probiotik herbal juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit yang mematikan yang bisa ditularkan satu merpati ke merpati lainnya.

Tetapi jika sudah terlanjur terserang penyakit, maka ada beberapa cara mengobati flu atau pilek pada burung dara yang bisa dilakukan baik dengan cara alami atau obat-obatan yang tersedika di poultry shop atau toko kebutuhan hewan.

1. Jamu Flu merpati


Jamu flu merpati terbuat dari bahan-bahan herbal yang dapet menyembuhkan berbagai penyakit di saluran pernafasan seperti Snot, CRD, Pilek, Ngorok.
Harganya pun relatif murah, dan biasanya banyak tersedia di toko pakan burung, harganya kisaran 5000 sampai 10.000 rupiah perbotolnya.

 

2. Baytrill


Baytrill merupakan obat untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit infeksi seperti flu yang disebabkan bakteri gram positif, mycoplasma dan juga gram negative. Obat berbentuk cair ini mengandung 5 mg enrofloxacin yang bisa digunakan untuk menyembuhkan flu pada burung dara dan juga menyembuhkan berbagai penyakit unggas.

 

 

3. Anti Snot

Anti snot juga juga ampuh menyembuhkan berbagai penyakit di saluran pernafasan, obat ini berbentuk kapsul dan mengandung
Komposisi :

– Cefradoxil 12 mg
– Enrofloxacin 10 mg
– Vit A 1500 IU
– Vit D3 150IU
– Nicotinamide 2 mg
– Calcium Phosphat 5 mg

itulah beberapa obat yang ampuh untuk mengobati merpati pada saat terkena flu, obat-obatan diatas direkomendasikan atas dasar pengalaman dilapangan pada saat menyembuhkan penyakit, rata-rata merpati yang terserang flu dapat sembuh hanya dalam waktu 3 hari setelah pemakaian.

Please follow and like us:
Ahmad Rivai
Breeder Platinum Pigeon Farm, Praktisi permainan merpati kolongan di Jakarta, Aktif bermain dibeberapa kolongan seputaran jakarta dan bekasi. Selain aktif dilapangan juga aktif menulis artikel tentang Permainan merpati. CP: 081290596498
http://www.rivai.net

Tinggalkan Balasan

Top