Press "Enter" to skip to content

8 Ciri-ciri merpati kolongan juara

Banyak yang bilang klo juara itu tergantung hoki..
Klo tergantung hoki kok garong lagi garong lagi yg juara mobil.

Klo menurut saya si gak sepenuhnya bener juga, memang ada faktor hoki di kocokan lomba, cuma menurut saya lebih banyak karena faktor kerja burung yg memang bagus, karakternya komplit, dan kerjanya konsisten.

Dari pada kita berdebat mending langsung aja kita bahas 8 Ciri-ciri merpati kolongan juara, apa aja si kriterianya untuk bisa jadi burung juara.

Biar enak di bacanya saya bikin 8 Ciri-ciri merpati kolongan juara, burung yang gampang juara.

Kita mulai dulu dari yang nomor 8

Kadang ada bro.. beberapa burung yang latihan biasa aja atau malah cenderung jelek, cuma begitu di lombain bakal kesetanan, biasanya burung-burung begini punya masalah dengan fokus pada betina, disaat latihan banyak geberan turunnya biasanya berantakan, jauh dari betina, malah kadang ga turun.

Tapi begitu dilombain kerjanya berubah drastis, karena cuma ada 2 betina di di landasan, jadi burung lebih fokus ngeliat geberannya.

8.TERBANG LAMBUNG

Kriteria burung juara ke 8 adalah terbang lambung, dengan karakter terbang lambung biasanya agak susah dibawa terbang pendek, atau dibikin ngerobok jablay.

kemungkinan burung akan sering ngolong.
Burung burung konsisten juara yang punya gaya terbang lambung diantaranya bulan, garong, sayur.. Jarang banget kan liat ketiga burung itu ngerobok 😊

7.KARAKTER KOMPLIT


Maksud karakter komplit disini adalah kemampuan burung ngolong dari berbagai posisi, dari kiri, dari kanan, atas kepala, netting tali, balik bakul, intinya mau turun dari posisi apa aja bisa ngolong, walaupun biasanya burung punya posisi favoritnya ketika turun.


cuma untuk burung yg mau rutin juara harus bisa turun dari berbagai posisi.

6.PUNYA KARAKTER GAK MAU KALAH

Nah ini karakter khas burung-burung juara, pernah liat kan burung sudah ketinggalan jauh masih bisa nyalip di bawah.


Karakter ini ga bisa dibentuk dilatihan, biasanya diturunkan dari karakter ibu atau bapaknya.

Karakter ga mau kalah juga gak bisa kita raba.
Makanya sebelum meraba burung, pastikan dulu ya trahnya mumpuni, biar ga buang-buang waktu ngerabanya.

5.METIL ISTIMEWA

Metil itu istilah tomprangan, klo dalam bahasa bule dive atau menyelam, nah klo dikolongan biasanya nyebutnya mutus.


Begitu di klepek burung yang bagus harus mutus duluan meninggalkan musuh diatas.

Salah satu kelebihan garong juga nih temen-temen (cmiiw) klo lihat di video lombanya garong, biasanya garong selalu mimpin turun duluan.
Makanya musuh sekenceng apapun bisa bertekuk lutut sama garong.

4.CEPAT

Nah klo yang ini kriteria yang wajib di miliki burung-burung juara, tapi sengaja gak saya taro di posisi satu.


Karena klo kenceng doang ngerobokan dan gak bisa ngolong sama aja bohong, jadi tetep, karakter harus komplit untuk bisa jadi burung juara, bukan cuma kenceng aja.

3. TEMBAK TEPAT BETINA

Ketepatan tembak betina ini gak bisa dikesampingkan bro, burung metil bagus kenceng, tapi ngedis sama aja bohong, tetep aja gugur walaupun turun duluan.


Jadi lagi-lagi tetep, untuk menjadi burung juara harus punya senjata komplit.

2. STABIL MAMPUS

Kesemua kriteria yang disebutkan tadi, gak ada gunanya bro klo gak stabil, Burung stabil gak kenceng2 banget aja masih bisa juara di kolong kecil dan menengah, asal stabil.


Itulah kenapa stabil mampus ada di posisi nomor dua.

1.KONSISTEN

Nah, ini yang terakhir atau posisi nomor satu.
Yaitu konsistensi, stabil, kenceng, loss dorr, tapi kadang-kadang, tetep aja susah buat jadi burung juara bro..

Salah satu keistimewaan garong selain mutus atau metil itu di konsistensi kerjanya.

Dalam kondisi fit, garong sangat susah dikalahkan, kerjanya selalu konsisten stabil, mutus istimewa, bawah tepat betina.

Gak heran klo susah sekali mengalahkan garong di setiap even besar. Sepertinya burung yang gak punya celah kelemahan saat bertanding.

Nah, itu tadi temen-temen 8 Ciri-ciri merpati kolongan juara klo mau juara berkali-kali.
Dan tentunya bukan juara hoki ya..

Please follow and like us:
error