Saturday 17th November 2018,
Merpati.org

10 Cara memilih merpati yang bagus

10 Cara memilih merpati yang bagus

Memilih dan mendapatkan merpati yang bagus adalah sebuah kesenangan tersendiri bagi para penghobi merpati, pengalaman dalam bermain merpati dan feeling akan menjadi bagian penting dalam mendapatkan merpati berkualitas.

Berbagai cara dapat dilakukan baik dengan cara meraba, melihat , dan perasaan. Tapi jangan lupa memilih merpati tidak bisa memilih hanya satu bagian yang bagus, semua bagian saling mendukung, memilih merpati adalah seni, diperlukan pengalaman bertahun-tahun.



burung dengan warna Coklat,gambir,klabu,blorok,hitam punya ciri khas anatomi yang berbeda-beda. keseluruhan anatomi harus punya keserasian dari mulai kepala sampai kaki.

Nah, adapun cara memilih burung merpati tinggian yang bagus yang dilihat dari ciri fisiknya yaitu sebagai berikut.

1. Memilih kepala merpati yang bagus




Sama seperti halnya pesawat, fungsi kepala merpati berguna untuk melancarkan aliran udara pada saat turun maupun terbang, Agar aliran udara yang melewati bagian depan kepala merpati tidak menjadi penghalang ke bagian sayap.

Kepala merpati yang bagus harus memiliki struktur seperti kepala pesawat yang berbentuk lancip, atau biasa di merpati disebut curut.bentuk kepala curut merpati ideal untuk membuat aliran udara tidak terhambat pada saat merpati bermanuver.

10 Cara memilih merpati yang bagus

10 Cara memilih merpati yang bagus

2. Memilih Mata merpati yang bagus

Seberapapun hebatnya anatomi merpati pilihanmu, tanpa mata yang baik semua akan sia-sia.
Tahap awal dalam memilih mata merpati yang bagus, Perhatikan bagian pupil (bulat hitam ditengah).

Pupil harus atau wajib merespon sinar matahari dengan cepat, mengecil ketika dihadapkan kearah matahari. Harus benar-benar mengecil , jangan hanya mengecil sedikit.
Dan akan kembali normal dengan cepat ketika tidak diarahkan ke matahari. Segera tinggalkan merpati yang pupilnya tidak baik dalam merespon sinar matahari.
Apabila anda belum terlalu berpengalaman untuk melihat pupil mata merpati, lakukan cara termudah dengan cara tes giring merpati.
Burung merpati yang giring baik biasanya punya mata yang juga baik.

10 Cara memilih merpati yang bagus

10 Cara memilih merpati yang bagus

3. Memilih Bulu merpati yang bagus

Bulu merpati yang sehat akan terlihat berkilauan pada saat terkena sinar matahari langsung. Pilihlah bulu merpati yang kering, lembut dan berbulu tebal, bulu merpati yang kering dan lembut akan mengurangi gesekan udara pada bulu merpati saat merpati turun dengan kecepatan tinggi.
dan merpati yang berbulu tebal akan lebih cepat mencapai ketinggian maksimal pada saat terbang.

10 Cara memilih merpati yang bagus

10 Cara memilih merpati yang bagus

4. Memilih Sayap merpati yang bagus

Seperti yang Anda ketahui bahwa sayap merupakan sarana utama burung untuk terbang. Oleh karena hal tersebut , maka Anda harus benar- benar memilih sayap burung yang terbaik. Adapun cara menentukan sayap burung tersebut baik yaitu sebagai berikut.

Sebelum anda memilih sayap merpati yang bagus, pastikan pangkal sayapnya dan bahunya bagus, sayap merpati yang bagus tanpa didukung struktur pangkal sayap dan bahu yang kuat dan kokoh akan sia-sia. Pangkal sayap dan bahu yang bagus biasanya mempunyai tulangan yang tebal dan keras, dan dilapisi oleh otot yang tebal dan lentur.

Feeling dan pengalaman anda akan sangat berperan dalam memilih pangkal sayap dan bahu yang bagus.
Untuk pemula biasanya cara termudah mengecek pangkal sayap dan bahu yang bagus dengan cara membuka dan menutup sayap merpati.

Pangkal sayap dan bahu yang bagus biasanya lebih keras/melawan pada saat dicoba untuk dibuka. dan akan bergerak menutup dengan cepat setelah pangkal sayap dilepas.

Bahu sayap burung merpati tersebut harus kuat dan lentur atau tidak kaku. Ada juga bentuk yang lain se;perti bahu sayap burung tersebut tebal bulat, pendek berotot dan ada juga yang berbentuk pipih , lebar dan berotot

Bulu sayap tebal kencang dan tidak bergelombang. Kemudian Anda pun bisa memilih bulu sayap yang lebar  (landing) rapat jarak satu bulu yang satu bulu dengan yang lainnya, ujung bulunya berbentuk runcing.

10 Cara memilih merpati yang bagus

10 Cara memilih merpati yang bagus

5. Memilih kaki merpati yang bagus

Kaki adalah bagian penting yang berperan dalam kecepatan merpati maupun landing merpati. Semakin cepat burung merpati tentunya membutuhkan kaki yang yang lebih kuat dan kokoh.

Pilihlah kaki yang terlihat kering bersisik, panjang dan kuat. salah satu cara untuk mengecek kekuatan kaki burung merpati adalah dengan cara menurunkan dan menaikan burung atas bawah dengan landasan telapak tangan anda.

Rasakan perbedaan burung merpati berkaki kuat dan kurang kuat pada saat burung merpati landing dan hentakan pada saat turun naik di telapak tangan anda.

10 Cara memilih merpati yang bagus

10 Cara memilih merpati yang bagus

6. Memilih Tulangan merpati yang bagus

Memilih Tulangan merpati tidak bisa dipisahkan dari memilih dagingan/otot merpati, tulangan yang besar dan kuat apabila tidak dilapisi dengan otot yang baik pula tidak akan menghasilkan tenaga yang maksimal.

Pilihlah tulangan merpati yang besar dan tebal dan daging/otot yang kenyal untuk menghasilkan burung dengan hentakan power yang maksimal.
Kerangka tulang merpati yang kokoh dapat diraba dari tulang supitnya.

Banyak merpati juara dengan stut keras dan tidak kapokan ditunjang oleh tulang supit yang keras, yang menggambarkan merpati tersebut memiliki tulang yang kokoh dan kuat.

10 Cara memilih merpati yang bagus

10 Cara memilih merpati yang bagus

7. Memilih Ekor merpati yang bagus

Ekor adalah bagian terpenting dalam proses pengereman merpati pada saat landing. burung dengan kecepatan maksimal tentunya mempunyai rem/ekor yang baik.

Ketebalan dan bentuk ekor pada saat Anda memegangnya tentu akan bermacam- macam rasanya. Namun dari sinilah Anda sebenarnya dapat mengira- ngira daya dan gaya turun dari burung merpati tersebut.

oleh karena itu, pilihlah burung merpati yang memiliki bulu ekor yang rapat, tebal  (tebal disini haruslah disesuaikan dengan pegangan burung ) dan panjang. Namun dengan pemilihan dan pembelajaran yang berulang- ulang , kelak Anda akan mudah membedakan ukuran ekor burung yang sesuai.

10 Cara memilih merpati yang bagus

10 Cara memilih merpati yang bagus

8. Memilih Leher merpati yang bagus

Pilihlah merpati yang mempunyai leher yang kuat,  jangan terlalu panjang , pilih burung yang tulang lehernya kuat, tegak, kencang dan mendongak keatas (khususnya pada saat burung tersebut memperhatikan ke atas, akan tetapi akan kembali mengendur atau menekuk seperti semula. Hal tersebut dikarenakan leher yang selalu tegak akan terkesan kaku, dan kualitas “metal” kalah fleksibel dibandingkan dengan tipe tulang leher yang tadi disebutkan. Selain itu, Anda bisa memillih burung merpati panjang lehernya yang sedikit lebih pendek dari tulang dadanya.

10 Cara memilih merpati yang bagus

10 Cara memilih merpati yang bagus

10 Cara memilih merpati yang bagus

10 Cara memilih merpati yang bagus

9. Memilih Hidung merpati yang bagus

Pilihlah paruh yang berbentuk runcing pada ujungnya (merit), tidak terlalu besar dan tidak terlalu panjang. Pilihlah burung merpati yang mempunyai panjang dari ujung hidung sampai ujung paruh berjarak sedikit lebih pendek dari jarak pangkal hidung sampai batok kepala depan teratas.

10 Cara memilih merpati yang bagus

10 Cara memilih merpati yang bagus

10. Memilih Mental merpati yang bagus

Yang terakhir adalah mental merpati yang bagus, gaya terbang, daya juang dan keberanian burung merpati pada saat lomba tidak bisa di prediksi hanya dari anatomi dan rabaannya. karakter merpati diturunkan dari kedua indukannya.

Untuk memilih karakter dan mental merpati yang baik, pastikan merpati dari keturunan yang baik juga.
Point terakhir ini lah yang menjadi pembeda antara burung yang dipilih di pasar dan burung hasil dari peternakan.

burung dari peternak tentunya akan mempunyai silsilah indukan yang jelas. semakin baik seorang peternak, maka akan semakin selektif juga dalam memilih indukan, semakin selektif tentunya hasilnya pun akan semakin baik.

Itulah sepuluh poin bagaimana cara memilih merpati yang bagus. terus asah kemampuanmu dalam memilih merpati. semakin anda berpengelaman pastinya hasil pilihanmu akan semakin baik.

Please follow and like us:

About The Author

Breeder Platinum Pigeon Farm, Praktisi permainan merpati kolongan di Jakarta, Aktif bermain dibeberapa kolongan seputaran jakarta dan bekasi. Selain aktif dilapangan juga aktif menulis artikel tentang Permainan merpati. CP: 081290596498

Leave A Response