Thursday , 24 April 2014
Berita Terbaru
[Merpati Pos] Kandang Nasional

[Merpati Pos] Kandang Nasional

Kandang Nasional Merpati Pos-Cikunir1-300x225

 

Buat orang awam atau pemula di hobi merpati pos mungkin akan bertanya,”Apa itu Kandang Nasional?” Kandang Nasional adalah lomba merpati pos pada tingkat nasional. Penyelanggaraanya berada di bawah naungan POMSI (Perhimpunan Olah raga Merpati pos Seluruh Indonesia). Di luar negeri biasa menggunakan istilah ”Interloft”. Di mana burung dari berbagai peserta dipelihara di dalam satu kandang dan satu menejemen. Semua mendapat perlakuan yang sama, baik perawatan maupun latihan. Tidak ada burung yang diperlakukan secara khusus.

Lantas apa yang dilombakan kalo semuanya serba sama? Lomba ini sebagai anjang uji bibit dari hasil ternakan perserta. Dari pertama merpati pos dimasukan ke KN sebenarnya kompetisi sudah dimulai. Bibit ternakan sudah diadu daya tahannya terhadap penyakit.  Karena setiap bibit berasal dari berbagai kandang yang memiliki pola pemeliharaan yang berbeda. Mungkin ada peserta yang mengadalkan antibiotic di dalam perawatannya, sementara ada peserta yg memelihara dengan pola alamiah. Mungkin juga ada peserta yang bersih sekali dalam perawatannya, sementara ada peserta yang mengabaikan kebersihan. Pendek kata setiap merpati pos yang di kirim ke KaNas membawa potensi penyakit yang berbeda dan memiliki daya tahan fisik yang berbeda pula.

Setelah bibit dari kandang peserta lolos dalam hal daya tahan, tentu hasil ternakannya diuji dalam hal kecepatan dan kemampuannya pulang kandangnya. Bahasa kerennya “Speed & Homing”-nya yang diuji. Sebenarnya ini adalah ujian buat peserta dalam hal “breeding”. Apakah sang peserta sudah menemukan pasangan indukan yang pas? Sehingga hasil memasangkan indukannya menghasilkan bibit yang layak dilombakan. Bisa juga digunakan sebagai barometer kualitas kandang peserta. Apakah indukan yang ada dikandangnya memiliki kualitas lomba?

Merpati pos yang baik menurut kreteria keperluan lomba adalah merpati pos yang mampu pulang ke kandang lebih dulu. Merpati yang bisa juara di setiap kota lepasan adalah harapan para peserta. Untuk menepis dugaan untung-untungan, merpati pos yang baik tadi harus bisa konstan keceptannya disetiap kota lepasan. Oleh karenanya perhitungan “Total Pos” menjadi acuan merpati pos yang baik. Kali ini KN 2013  ada 4 pos/kota lepasan sebagai ajang uji kecepatan dan kemampuan pulang kembali.

Bagimana cara mengawalnya kalau diterbangkan secara bebarengan atau “long range”?

Kalau penerbangan untuk lepasan lomba, biasanya ada tim pelepasan. Istilah yg umum dipakai di mpos “conveyor”. Jadi supir truk biasanya didampingi sama juru lepas tadi, bisa 1 atau 2 orang tergantung jumlah yg terbang. Kalo lepasan untuk lomba (bukn latihan) semua dondang akan disegel sebelum berangkat. Saat mau melepas dondang harusnya masih tersegel. Pembuktiannya bisa difoto atau divideokan. Sebelum melepas conveyor akan menghubungi yg berwenang di lomba. Beritanya kondisi cuaca, posisi koordinat, kondisi burung termasuk kondisi segel pada dondang. Kalo semuanya normal, maka lomba akan dianggap sah saat lepasan. Kira-kira begitu pak.
Sumber: KandangNasional.Info

Diskusi selanjutnya mengenai Kandang Nasional Merpati Pos bisa diikuti pada forum dengan link berikut ini http://forum.merpati.org/index.php?topic=13.0

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top