Friday 26th May 2017,
Merpati.org

[Merpati Pos] Menghitung ETA

Judul yang paling pas mungkin “Memprediksi Kepulang Merpati-pos dari Suatu Titik Lepasan”. Tapi terasa panjang untuk suatu judul, apalagi dipasang pada suatu tab di web. Supaya singkat dan muat di tabulasi web, saya terpaksa memakai bahasa ‘gado-gado’. ETA singkatan dari “Estimate Time Arival”. Kalo diterjemahkan jadi “Perkiraan Waktu Tiba”.

Saat merpati-pos dilepas di suatu kota, katakanlah tegal. Sering kali kita bertanya, kapan sampe kandangnya ya? Atau jam berapa tiba di Jakarta? Saat lomba paling gampang memang telephone ke salah satu senior. Katakanlah telphon pak Henry,”Selamat pagi pak… Mau tanya mpos masuk ke Jakarta kira-kira jam berapa ya?” Nanti pak Henry akan jawab jam sekian. Selesai sudah hehehe… Itu jalan pintas, dengan asumsi ada yg bisa ditelphon. Tentu juga sedikit merepotkan orang lain.

Seandainya tidak ada yang ditelphon atau tidak mau merepotkan orang lain, kita masih bisa membuat prakiraan sendiri. Caranya masih menggunakan Pigeon Planer, seperti gambar di atas. Pertama aktifkan program Pigeon Planer yang sudah ter-install, kemudian pilih menu “Tools”. Dalam menu Tools pilih menu “Velocity calculator”. Jika tahapannya benar akan terbuka tabulasi menu baru seperti di bawah ini.

1. Pilih menu “Prognosis”
2. “Release Time” diisi dengan waktu pelepasan. Saya menggunakan asumsi jam 07.00.
3. “Distance” diisi dengan jarak lepasan dengan satuan Kilometer. Sebagai contoh saya menggunakan asumsi titik lepasan Tegal  yang berjarak sekitar 260 Km.
4. Bagian “Range” ini diisi taksiran kecepatan mpos dalam MPM. Datanya bisa diambil dari data penerbangan tahun  lalu. Atau cukup dikira-kira saja. Saya pakai asumsi kecepatan mpos 1000 MPM. Kemudian saya beri tolerensi lebih cepat 50 dan lebih lambat 50 MPM. Jadi range (bentang/jenjang) perkiraan yg saya pakai 950 sampai dengan 1.050 MPM.
5. Seletelah diisi semua datanya kita tinggal klik tabulasi “Calculate”.
6. Bagian ini adalah hasil perkiraan yang kita cari.

Dari hasilnya kita bisa membaca jika mpos terbang dengan kecepatan 950 MPM selama 4 jam: 33menit: 41detik maka akan tiba dikandang pukul 11:33:41. Demikian juga dengan kecepatan 1.000 dan 1.050 MPM. Jika kita hanya melihat prakiraan waktu, maka kita bisa mempersempit ETA menjadi 11:07 sampai dengan 11:33. Saat ada yang bertanya kita bisa menjawab,”Burung masuk Jakarta dari Tegal sekitar jam 11 sampai 11.30.” Selamat mencoba…

Sumber : http://masnino.org/berbagi-cara/menghitung-eta/#.UXopY0ofjIX

 

 

Like this Article? Share it!

About The Author