Sunday 24th September 2017,
Merpati.org

Mengobati dan mengurangi penyakit patekan pada burung merpati






Penyakit patekan adalah salah satu penyakit yang paling sering menyerang burung muda/piyikan.
Cara mengurangi penyakit POX atau  PATEKAN. Saya pernah baca dari artikel Taiwan dan setelah saya praktekan ternyata cukup baik, walaupun tidak 100% Piyik Mpos kita terhindar dari Patekan, tetapi setelah menggunakan cara ini, piyik saya yg terjangkit Patekan berkurang banyak, kalaupun ada yg masih kena pox itupun ringan sekali dan mudah diobati. Piyik yg dipencet Pusernya harus berumur 7 atau 8 hari, jika terlalu besar jadi sulit dipencet pusernya. Terlalu kecil juga riskan. Kadang ada piyik yg tidak ada pusernya lagi karena copot sendiri. Selamat mencoba !!!





Saya tak bisa menjelaskan ilmiahnya kenapa bisa begitu. Yg menjelaskannya juga tak menceritakan kenapa? Setelah saya coba beberapa tahun ternyata memang hasilnya bagus sekali. Sekarang dikandang saya jarang ada piyik yg kena patekan. Sudah lama saya lakukan, tidak pernah ada masalah dgn piyiknya setelah dikeluarkan sisa puser itu. Normal-normal saja.

PS : Artikel ini diambil dari diskusi di group merpati.org

Like this Article? Share it!

About The Author

Breeder Platinum Pigeon Farm, Praktisi permainan merpati kolongan di Jakarta, Aktif bermain dibeberapa kolongan seputaran jakarta dan bekasi. Selain aktif dilapangan juga aktif menulis artikel tentang Permainan merpati. CP: 085693466021