Friday 21st September 2018,
Merpati.org

Mengenali karakter merpati pada saat latih

Mengenali karakter merpati pada saat latih

Merpati itu makhluk hidup, setiap makhluk hidup pasti diciptakan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Berbeda dengan robot yang diciptakan dari pabrikan seragam, cara mamainkannya pun sama selama masih dari pabrikan dan merk yang sama.

Perlakukanlah merpati seperti halnya makhluk hidup lain, jangan diperlakukan seragam.




Ada merpati yang sedari muda giringnya bagus secara fisik juga sudah bagus, gak ada salahnya untuk dilatih sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.

Ada juga merpati yang giringnya lama, butuh waktu 1-2 tahun baru bisa giring, jangan juga dipaksakan untuk dilatih kalau memang giring belum bagus.burung yang giringnya belum bagus dipaksakan untuk dilatih pasti akan berpengaruh pada saat landing dan turun..

Ada merpati yang pada saat bulu istirahat/mabung tidak mau terbang sama sekali,sering nemplokan, jangan juga dipaksakan untuk dilatih.kalau tidak mau nantinya jadi kebiasaan.

Ada merpati yang saat bulu istirahat/mabung tetap mau kerja dan bahkan masih bisa juara, silahkan dilatih, selama pada saat dilatih tidak menunjukan gejala kelelahan.
Pada saat mabung joki harus lebih teliti memperhatikan kondisi burung.

Kalau perlu timbang dan catat berat badan burung pada saat kondisi kerja terbaik dan pada saat burung mabung/kondisi terburuk, Untuk bisa lebih memahami kondisi masing-masing burung.




Ada Player yang setelah cabut telur 1 hari kemudian langsung giring keras, dan ada juga player yang butuh waktu 3-5 hari untuk giring setelah cabutan telur.
Kalau joki menyeragamkan cabutan telur kesemua burung,pasti masing2 burung gak bisa giring dan kerja maksimal

Joki yang baik harus selalu memahami karakter dan kondisi masing-masing burung, bukan menyeragamkan perlakuan ke semua burung.

Semakin joki memahami karakter masing-masing burung, akan semakin mudah joki memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing burung.

Joki akan lebih peka kapan harus melatih burung, kapan harus mengistirahatkan burung, kapan latihan ringan dan kapan harus latihan berat.

Please follow and like us:

About The Author

Breeder Platinum Pigeon Farm, Praktisi permainan merpati kolongan di Jakarta, Aktif bermain dibeberapa kolongan seputaran jakarta dan bekasi. Selain aktif dilapangan juga aktif menulis artikel tentang Permainan merpati. CP: 081290596498