Friday 26th May 2017,
Merpati.org

Membangun atau Mengikuti ?

Kita sebagai pemain merpati baik pemula maupun sudah berpengalamankadang harus di hadapkan pada pilihan untuk masuk kepada sebuah tim/grup kalau kita tidak membuat tim privat. Pilihan tim yang ada biasanya ada 2 :1.masuk ke tim yang sedang baik atau
2.masuk ke tim yang sedang buruk/boncos

Kedua pilihan ini mengandung tantangan, peluang dan masalah yang berbeda. Sebelum kita membuat keputusan mengambil masuk ke tim yang mana mari kita cermati . kita coba lihat kedua pilihan itu dari sisi “Kekuatan,Kelemahan,Peluang dan Tantanganya “.

Kita mulai dari bagaimana jika kita masuk ke tim yang buruk atau boncos.
masuk ke tim yang sedang boncos secara sekilas seolah olah kita akan terlihat mempunyai semangat yang tinggi untuk membangkitkan tim dengan kekuatan yang kita miliki. sangat bagus bagi yang ber fighting spirit tinggi. idealisme dan semangat akan tersalurkan, jika hal ini berhasil dan membuahkan prestasi dari tim yang sebelumnya boncos tentu itu sebuah prestasi besar bagi kita pribadi ataupun tim. “Sungguh luar biasa ketika seseorang terlihat berhasil menyulap air menjadi anggur. “
Tapi apakah hanya dibutuhkan semangat dan kenyakinan untuk membuat seperti itu ? jawabannya jelas tidak. kita butuh hal yang lebih daripada itu.

Jika saya akan masuk ke sebuah tim yang dalam keadaan boncos apa saja yang mesti saya perhatikan ? Pertama tama hal yang saya lakukan adalah melihat apa yang menjadi penyebab dari boncosnya tim tsb..”MAIN PROBLEMnya apa”. apakah faktor teknis ataukah faktor non teknis.

Ketika kita menemukan bahwa masalah utamanya adalah faktor teknis akan menjadi mudah bagi kita untuk menemukan solusinya dan membuat tim tsb bangkit tetapi jika main problemnya adalah faktor non teknis kita akan lebih sulit atau bahkan mungkin akan gagal.

Jika kita memasuki sebuah tim sebagai anggota ketika kita menemukan kendala teknis di tim tsb seperti kendala : dana,peralatan,metode pelatihan.kwalitas burung yang kurang baik dsb itu akan mudah tersolusi dan akan dengan mudah bangkit. jika menemukan tim seperti ini saran saya masuklah. Tetapi inipun masih akan dituntut knowledge dan skill tinggi anda sebagai pemain merpati. masuk ketim ini cocok bagi orang yang sudah berpengalaman.

Tetapi kendala terberat adalah ketika kita berhadapan pada kendala non teknis yang terberat adalah masalah SDM..sikap mental dan perilaku dari anggota tim yang bermasalah itu masalah berat dan sulit tersolusi kecuali kita punya full of authority. Masalah habbit yang buruk dari anggota tim jauh lebih sulit diatasi..masalah kejujuran joki,komunikasi yang buruk dll. berada di tim seperti ini hanya akan seperti menyiramkan air di padang pasir. seberapa keraspun anda mencoba hasilnya tetap akan sia sia. tim itu tetap akan boncos selamanya kecuali ada keberuntungan. untuk tim boncos ini saran saya lupakan. siapapun anda

Bagaimana jika kita masuk dalam tim yang sudah baik :

ada ungkapan “beradalah di tempat dimana kamu adalah yang paling bodoh disitu kamu akan semakin pintar jangan berada dalam kelompok dimana kamu yang paling pintar kerena disitu kamu tidak akan berkembang “

Jauh lebih mudah untuk berapa pada tim yang sudah kondisi baik. Disitu yang kita perlukan hanya mengikuti apa yang sudah ada sambil belajar dan terus mengembangkan diri. berada dalam tim yang sudah baik kita akan banyak keuntungan, merpati kita akan dilatih secara profesional,manegement kandang yang baik,kwalitas burung yang rata rata menang sudah baik, sikap mental perilaku dari anggota kandang yang produktif dll. berada disini prestasi akan jauh lebih mudah didapat. Berada di tim seperti ini akan sangat efisien. Tantangannya hanya kemampuan kita mengikuti dan menyediakan merpati yang kwalitasnya mampu besaing dan mampu mengikuti kemana arah tim ini. Saran saya kalau anda pemula carilah tim seperti ini,disitu anda akan mendapatkan segalanya.

Salam.

Like this Article? Share it!

About The Author